What thing that motivates you?

Sebenarnya saya masih sedikit ragu apakah judul yang saya berikan pada tulisan kali ini sudah sesuai atau belum, well at all biarkan pembaca yang menilai. Isi tulisan kurang lebih berisi cuplikan obrolan ringan dengan seorang teman melalui skype chat yang merupakan sesama penggiat di International Forestry Students’ Association/IFSA (look at http://www.ifsa.net), setelah berpikir beberapa saat, saya pikir bagus juga untuk diterjemahkan kedalam susunan paragraf.

Pertanyaan simpel yang mengawali dari obrolan adalah“what makes you move, you can do every single task even it’s hard? what motivates you?”. Well, saya dan teman saya ini kurang lebih bisa disebut sering sharing beberapa persoalan, utamanya yang berkaitan dengan soal kehutanan dan bidang ilmu yang terkait, seluk beluk dinamika IFSA, studi, hingga masalah agama, sehingga dia kurang lebih mengerti bagaimana cara berpikir, analisis dan langkah-langkah yang biasa saya aplikasikan untuk mengatasi berbagai variasi permasalahan yang muncul dari topik – topik tersebut.

Apa yang membuatmu tetap maju? Kamu mampu menyelesaikan setiap persoalan walaupun itu berat? Apa yang memotivasimu sehingga kamu bisa? Kurang lebih seperti itu makna dari pertanyaan yang dia lontarkan. Dalam konteks ini bukan berarti saya sama sekali tidak mempunyai masalah yang saya sendiri tidak merasa kesulitan untuk menyelesaikannya, saya pasti mempunyai hal berat yang kadang pun saya merasa bingung bagaimana menyelesaikannya. Well, pertanyaan kunci yang menurut saya harus dijawab dari tiga jenis pertanyaannya sebenarnya adalah What motivates you?

Jawaban saya pun kurang lebih se simpel pertanyaannya, hal yang memotivasi saya hingga mencapai apa yang saat ini telah saya capai dan menaklukkan permasalahan – permasalahan yang cukup mampu membuat down adalah “believe in future, and faith”. Saya selalu yakin bahwa setiap orang besar dilahirkan dari masalah yang besar pula, dimana setiap kali ia mencoba menyelesaikan masalah tersebut, gagal ataupun berhasil dia akan mampu belajar menjadi lebih baik.

Dibalik itu semua pula sebenarnya ada sebuah hadits Qudsi yang selalu memacu saya untuk selalu berpikir positif. Sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah, berkata Rasulullah SAW; Allah SWT berkata:

أَنَا عِنْدَ ظَنِّ عَبْدِي بِي وَأَنَا مَعَهُ إِذَا ذَكَرَنِي فَإِنْ ذَكَرَنِي فِي نَفْسِهِ ذَكَرْتُهُ في نَفْسِي وَإِنْ ذَكَرَنِي فِي مَلأٍ ذَكَرْتُهُ فِي مَلأٍ خَيْرٍ مِنْهُمْ وَإِنْ تَقَرَّبَ إِلَىَّ بِشِبْرٍ تَقَرَّبْتُ إِلَيْهِ ذِرَاعًا وَإِنْ تَقَرَّبَ إِلَىَّ ذِرَاعًا تَقَرَّبْتُ إِلَيْهِ بَاعًا وَإِنْ أَتَانِي يَمْشِي أَتَيْتُهُ هَرْوَلَةً

Aku sesuai prasangka hamba-Ku kepada-Ku, dan Aku akan bersamanya selama ia mengingat-Ku. Jika ia mengingat-Ku dalam dirinya maka Aku akan mengingatnya dalam diri-Ku, jika ia mengingat-Ku dalam sekumpulan orang maka Aku akan mengingatnya dalam sekumpulan yang lebih baik dan lebih bagus darinya. Jika ia mendekat kepada-Ku satu jengkal maka Aku akan mendekat kepada-Nya satu hasta, jika ia mendekat kepada-Ku satu hasta maka Aku akan mendekat kepadanya satu depa, dan jika ia mendatangi-Ku dengan berjalan maka Aku akan mendatanginya dengan berlari.” (HR. al-Bukhari dan Muslim

Kalimat simpel yang saya bold kurang lebih menyampaikan dan selalu membuat saya teringat bahwa betapa pentingnya sebuah optimisme, keyakinan bahwa every single steps yang kita lakukan akan menghasilkan sesuatu yang positif selama kita berpikiran positif. Kurang lebih bisa dikatakan bahwa semesta akan mendukung ketika kita mempunyai keyakinan 100% bahwa ada kekuatan besar nan Maha Dahsyat yang mem-backing setiap tindakan yang kita lakukan untuk mencapai kebermanfaatan untuk umat manusia. Yakin akan dengan keahlian kita akan membawa dampak positif, bukan hanya untuk diri sendiri, melainkan untuk kesejahteraan orang banyak. 

Well, kesimpulan yang bisa diambil adalah its all about mindset. Ketika kita yakin dan berpikiran positif kita dapat menyelesaikan masalah, maka yakinlah hal sesulit apapun, hal apapun yang kita kira besar akan dapat mudah kita taklukkan.

Terakhir, ada sebuah quote yang sangat menginspirasi, Jangan pernah katakan “Wahai Rabb aku mempunyai masalah yang besar”, tetapi katakanlah “Wahai masalah sesungguhnya aku mempunyai Rabb yang Maha Besar” 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s